Minggu, 01 Mei 2011

Tugas Leadership Kls VIII

BERANI



Berani adalah kemampuan kita menghadapi ketakutan , mengatasinya dengan menggunakan akal kita , mengatur setrategi , mempersiapkan segala yang dibutuhkan sehingga kita keluar sebagai pemenang terhadap rasa takut tersebut.

Di lingkungan kita , banyak hal yang kita takuti , dan ketakutan – ketakutan waktu kecil membuat kita trauma ketika besar. Mungkin tetangga yang jahat , teman , saudara , orang asing atau yang lain. Mungkin karena memukul , memalak , menekan , mengancam atau yang lain.

Tapi kita tak boleh dalam bayang – bayang ketakutan , karena akan menghambat tumbuh kembang kita. Kita harus berani melawan ketakutan.

Contoh :

Saya tukut kepada kakak kelas karena sering mengancam kalau ketahuan berbuat salah , atau tidak ditraktir.

Gimana cara melawan , yah. Aaaah kan, ada Ustadz / Ustadzah. Kenapa mesti takut. Rugi , dong. Kejahatan harus dilawan , bukan didiamkan.

Atau mungkin dengan cara , selalu berada di tengah keramaian, bukan di tempat yang sepi, bahaya , kalau banyak orang pasti nggak berani macam – macam.

………………………………….

Saya paling takut terhadap siksa Allah SWT di neraka. Ngeri…… Maka ketakutan ini tidak bias dihadapi dengan tinggal diam saja. Kalau demikian , ya besuk , saya disiksa benar , di neraka.

Tetapi harus berfikir dulu. Saya cari tahu dulu. Kenapa orang disiksa ? Ternyata karena banyak dosa. Apa saja perbuatan yang berdosa ? Ternyata karena meninggalkan perintah Allah atau mengerjakan larangan-Nya. Apa saja perintah Allah ? Wah Banyak. Apa saja larangan Allah ? Banyak juga. Bagaimana untuk memahami keduanya ? Harus ngaji , banyak ibadah , meninggalkan larangan , sekolah di sekolah tauhid. Tauhid , itulah kuncinya….

Pertanyaan :

1. Pernahkah kamu merasa takut ? Pada usia berapa ?
2. Apa yang membuat kamu takut ?
3. Bagaimana cara kamu mengatasinya waktu itu ?
4. Adakah temanmu di sekolah yang kamu takuti ?
5. Kenapa kamu takut kepadanya ?
6. Budaya saling mengingatkan di asramamu sudah lama hilang , padahal hilangnya amar makruf nahi munkar membuat asrama tidak nyaman. Kamu takut kalau kamu mengingatkan pasti akan dibenci. Bagaimana kamu mengatasi ketakutanmu ? Jelaskan dengan rinci !
7. Berilah contoh 3 hal yang sampai saat ini masih kamu takuti !
8. Buatlah rencana , bagaimana mengatasinya !
9. Wujudkan rencanamu pada minggu ini , dan buatlah evaluasi ketercapaiannya minggu yang akan datang !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar